Senin, 25 April 2016

BBM (Berkenalan Bersama Matlab)


(Sumber gambar: Google)

Matlab merupakan salah satu aplikasi yang sering di gunakan di dalam dunia teknik. Gunanya adalah sebagai alat bantu kerja dalam hal perhitungan. Matlab merupakan singkatan dari Matrik Laboratory, sebuah software bahasa pemrograman yang dibuat oleh The Matwork.Inc.Matlab. Dalam hal ini software Matlab memang memiliki fungsi dan karakteristik berbeda dari bahasa pemrograman yang sudah ada lebih dulu seperti Delphi, Basic maupun C++ dan lain sebagainya. Matlab lebih di khususkan untuk kebutuhan komputasi teknis, visualisasi pemrograman matematik, analisis data, pengembangan algoritma, simulasi dan pemodelan serta membuat grafik-grafik perhitungan.

Aplikasi ini sangat berguna untuk teman-teman mahasiswa teknik. Kali ini penulis akan sedikit bebagi ilmu dengan kawan-kawan semua mengenai software bahasa pemrograman Matlab ini. Terutama bagi teman-teman yang sama jurusanya dengan saya =D hehe, mahasiswa jurusan campur aduk semen teknik sipil pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini bukan??

Okeh tidak perlu basa-basi sana sini yah, langsung aja nih saya bahas. Tapi untuk postingan kali ini saya hanya akan membahas mengenai dasar dasar pengenalanya saja. Selanjutnya akan saya berikan tutorial di postingan berikutnya.

Baiklah teman teman silahkan langsung di buka saja aplikasi Matlab nya. saya menggunakan Matlab versi tahun 2008, kalau ada yang menggunakan versi yang lebih tinggi atau yang sebelumnya tidak masalah. Secara teknis akan sama saja hanya saja mungkin tampilan agak sedikit berbeda tapi it’s oke.


Saat kita membuka aplikasi Matlab untuk pertama kalinya, maka akan muncul tampilan seperti berikut.

1.      Bagian-bagian jendela pada Matlab :

§  Current Directory : Jendela ini menampilkan isi dari direktori kerja saat menggunakan matlab. Intinya ini tempat kita melihat dimana letak file Matlab yang kita buat. Bebas kita mau menyimpan file yang kita buat. Tapi dalam default sistem nya di simpan di folder works

§  Command history : Sesuai namanya jendela ini tempat menyimpan sejarah yang telah kita perbuat pada matlab kita. Alias menyimpan perintah-perintah apa saja yang sebelumnya kita lakukan pada Matlab. Bisa di ibaratkan jedela ini adalah malaikat pencatat pahala kita di Matlab wkwk.

§  Command windows : Ini merupakan jendela utama Matlab. Disinilah tempat kita menjalankan proses-proses, serta melihat isi variabel. Jendela ini juga digunakan untuk memanggil tool Matlab seperti editor, debugger atau fungsi. Ciri dari jendela ini adalah adanya prompt (>>) yang artinya Matlab siap menerima perintah (hmm, Matlab aja sesalu siap buat aku. Truss kamu kapan? #abaikan)

§  Worksapce : Jendela ini berfungsi untuk menampilkan seluruh variabel yang sedang aktif pada saat menggunakan Matlab.

2.      Variabel pada Matlab
Matlab hanya memiliki 2 jenis tipe data yaitu Numberic dan String. Bedanya Matlab dengan sofware bahasa pemrograman yang lainya adalah setiap variabel akan disimpan dalam bentuk matrik. Variabel dalam Matlab bersifat case sensitive. Maka dari itu perhatikanlah penggunaan huruf besar dan kecil pada variabel. Karena apabila ada variabel dengan nama yang sama sebelumnya Matlab secara otomatis akan me-replace variabel sebelumnya dengan variabel yang baru.

3.      Operator pada Matlab

Arithmetic operator
Symbol
Plus
Unary plus
Minus
Unary minus
Matrik multiply
Array mutltiply
Matrik power
Array power
Backslash or left matrik devide
Slash or right matrik devide
Left array devide
Right array devide
+
+
-
-
*
.*
_^
.^
\

/

.\
./

Special character
Symbol
Colon
Parentheses and subscripting
Bracket
Braces and subscripting
Decimal point
Spectator
Semicolon
Comment
Invoke operating system comand
Assignment
Quote
Transpose
Horizontal concentartion
Vertikal concentanation
:
( )
[ ]
@
.
,
;
%
!
=
.’
[,]
[;]

Relational operator
Symbol
Equal
Not equal
Less than
Greater than
Less than or equal
Greater than or equal
==
~=
< 
> 
<=
=>

Logical character
Symbol
Short-circuit logical AND
Short-circuit logical OR
Element-wise logical AND
Element-wise logical OR
Logical NOT
&&
&
|
~
||

4.        Fungsi matematika lain pada matlab 
·         abs(x)      : mengasilkan nilai abssolut dari x
·         sign(x)    : menghasilkan nilai -1 dari x<0, 0jika x=0 dan 1 jika x>1
·         exp(x)     : menghasilkan nilai exponensial natural
·         log(x)     : menghasilkan nilai logaritma natural, ln x
·         log10(x) : menghasilkan nilai logaritma dengan basis 10
·         sqrt(x)    : menghasilkan nilai akar dari x
·         rem(x,y) : menghasilkan nilai modulus (sisa pembagian) x terhadap y

5.        M-File
Di matlab kita tidak hanya bisa menuliskan perintah pada command windows. Tapi kita juga bisa membuat program dengan menuliskan scrib. Yaitu dengan menggunakan M-File. Cara untuk memanggil jendela M-File adalah dengan memilih menu file – new – M-File. Dengan M-File ini kita bisa menyimpan dan menjalankan program yang kita buat

Baiklah sekian untuk postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca. Selanjutnya saya juga akan memberikan totorial berikutnya megenai cara membuat aplikasi perhitungan pada matlab.

By : Muhammad Arif Zulfikri

0 komentar:

Posting Komentar